Kamis, 23 Februari 2017

Opini Time: Apakah Live di Instagram adalah Suatu Bentuk Komunikasi Bisnis?


Di tahun 2017 yang sangat modern ini kita banyak menemukan berbagai macam media yang dapat memudahkan dalam proses melebarkan sayap bisnis kita, yaitu sebuah media sosial. Kini media sosial sudah banyak berbagai macam jenisnya seperti Facebook, Twitter, Line, Instagram, dan lain-lain. 

Kita sangat beruntung bisa menikmati hidup di zaman yang modern ini karena dimanjakan oleh berbagai kemudahan yang bisa kita dapatkan dari efek kemajuan zaman. Efek ini bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat. Terlebih lagi, bagi seseorang dengan jiwa wirausahawan yang tinggi mereka dapat dengan mudahnya mempromosikan produk mereka melalui berbagai macam media sosial.

Instagram adalah salah satu media sosial yang paling populer untuk menjual berbagai macam produk. Banyak wirausahawan menjadi seorang public figure karena aplikasi ini yang justru menambah pundi-pundi penghasilan karena menjadi seorang yang terkenal. Baru-baru ini Instagram membuat sebuah program yang bernama "Snapgram" dan lagi-lagi Instagram juga menambahkan fitur baru ke dalam "Snapgram" yaitu adalah fitur "Live".

Singkat cerita fitur "Live" ini memungkinkan para user Instagram untuk merekam diri mereka sendiri dalam sebuah konteks real time dan fitur ini juga memungkinkan para user untuk berinteraksi langsung dengan para followers-nya. 

Back to the topic. Fitur ini juga sudah mulai beralih fungsi menjadi sebuah media marketing bagi para wirausahawan. Jika kita kembali ke judul post ini yaitu "Apakah Live di Instagram adalah Suatu Bentuk Komunikasi Bisnis?" maka jawaban saya adalah IYA JIKA DIGUNAKAN UNTUK MEMPROMOSIKAN SUATU PRODUK. Mengapa? Ini dia alasannya:

  1. Live di Instagram merupakan sebuah bentuk komunikasi verbal karena user pasti berbicara dengan followers-nya di dalam fitur ini.
  2. Cara berbicara saat Live pun juga masuk ke dalam komunikasi non formal. Karena pada umumnya tata cara marketing dengan fitur Live terkesan seperti bahasa sehari-hari yang cenderung santai.
  3. Selain itu Live juga mempunyai tujuan yaitu untuk mengenalkan produk ke masyarakat luas.
  4. Live juga menghasilkan pertukaran informasi yang melibatkan user sebagai sender dan followers sebagai receiver.
  5. Tanpa disadari saat Live kita juga telah menggunakan Instagram sebagai media untuk mempromosikan produk kita.
Akhir kata, sekian pengamatan dari mohon undur diri dan semoga bermanfaat bagi para pembaca blog saya ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar